Berita Utama

Rahasia Sukses Farm Sasana Ngapak

Dilihat : 2964 Kali, Updated: Senin, 04 Maret 2019
Rahasia Sukses Farm Sasana Ngapak

Rahasia Sukses Farm Sasana Ngapak

        Ayam berkokok adalah salah satu tipe ayam aduan atau ayam petarung. Jika dibandingkan dengan ayam lainnya, ayam Bangkok memiliki beberapa perbedaan yang mendasar serta memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam jenis lain. Selain untuk ayam aduan, ayam Bangkok juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi sehingga menjadikan peluang usaha dengan cara membudidayakannya.

        Pada kegitann kali ini, kamI tertarik untuk mengunjungi salah satu peternak kandang ayam  di Desa Karanggintung, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Pada hari Selasa tanggal 5 Februari 2019, beberapa anggota kelompok KKN Unwiku Desa Karanggiuntung mengunjungi Sasana Ngapak Farm yang merupakan salah satu peternakan ayam yang sukses di desa Karanggintung. Kami tertarik pada sebuah kandang ayam yang menurut kami unik dan menarik yang berbeda dari yang lain. Dan disitu kami bertemu dengan beberapa karyawan untuk sharing-sharing tentang suksesnya Farm Sasana Ngapak.

      Dari beberapa jenis dan banyaknya ayam dikandang, kami tertarik pada seekor ayam yang gagah , tegap, dan tinggi sempurna. Kami mencoba bertanya apa jenis ayam tersebut, terus darimana ayam tersebut. Ternyata ayam tersebut dinamakan ayam Pajero, dan kenapa dinamakan dengan ayam Pajero karena harganya setara dengan mobil pajero ujar salah satu karyawan, Luar biasa yaahhhh!. Kenapa harganya begitu mahal karena ayam jenis ini didatangkan langsung dari Thailand dan perawatan yang super intens yang menjadikan ayam ini tumbuh sempurna. Tetapi ayam Pajero tidak dijual belikan karena untuk pembibitan membutuhkan pejantan yang menghasilkan anakan yang unggul pula.

 Farm milik pak Galih ini didirikan pada tahun 2016, peternakan ini berkembang sangat pesat karena Farm milik pak Galih ini memiliki manajeman yang sangat baik dan mendapatkan perimgkat nomer 3 se Indonesia serta memilikii omset miliaran rupiah per bulan, hmmmm. Kalau digunakan buat beli cilok bisa untuk 10 tahun.

    Di peternakan ayam tersebut, kita berunding dan bertanya-tanya dengan karyawan yang bekerja, kebetulan jadwalnya adalah ayam indukan akan dilakukan IB (Inseminasi Buatan) atau kawin suntik. Hal tersebut merupakan pengalaman baru bagi kita apa itu sebenarnya IB, bagaimana IB dilakukan, teknik IB yang dilakukan. Ternyata IB lebih menguntungkan dibandingkan dengan kawin alami, karena dari 4 mL sperma bisa menginseminasi buatan 7-8 pejantan. Memang sangat menguntungkan dibandingkan dengan kawin alami karena dari 4 mL tersebut hanya bisa mengawini satu indukan saja.

Dapat dikatakan Farm Sasana Ngapak dapat berkembang pesat, karena dari perawatan yang maksimal dan manajemen yang benar.adalah kunci dari kesuksesan peternakan ayam milik Bapak Galih tersebut.

Komentar