Berita Utama

Agrowisata Bukit Pangonan Indah

Dilihat : 3125 Kali, Updated: Senin, 04 Maret 2019
Agrowisata Bukit Pangonan Indah

Agrowisata Bukit Pangonan Indah

Sektor pariwisata merupakan peluang yang cukup menjanjikan, karena sebagai salah satu  penghasil pertumbuhan ekonomi, sektor pariwisata juga diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan sektor lainnya seperti sektor perkebunan, pertanian, perdagangan, perindustrian, dan lain lain. Desa karanggintung memiliki potensi pertanian yang baik sehingga bisa dioptimalkan menjadi agrowisata yang dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakat setempat. Dengan mengembangkan agrowisata secara langsung dan tidak langsung, maka akan meningkatkan persepsi positif petani dan masyarakat tentang pentingnya pelestarian sumber daya lahan pertanian, melestarikan kearifan dan teknologi lokal, meningkatkan pendapatan petani dan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan komoditi pertanian yang dihasilkan desa, dan dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang efektif untuk produk-produk pertanian dan budaya desa.

Desa Karanggintung memiliki potensi alam yang indah, salah satunya adalah Bukit Pangonan yang berbeda dari bukit yang lain. Bukit Pangonan diberi nama pangonan karena dulunya tempat ngangon ( mengembala hewan ternak ). Kawasan bukit pangonan berada pada ketinggian 500 mdpl dan memiliki luas wilayah 5,5 Ha. Rute untuk mencapai bukit pangonan jika dari arah utara melalui desa Kemawi, jika dari arah barat melalui balai desa Karanggintung, dan dari arah selatan melalui Sumpiuh. Bukit pangonan saat ini akan dijadikan sebagai tempat agrowisata yang dikelola oleh BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa) dan POKDARWIS ( Kelompok Sadar Wisata) melalui dana desa.

Agrowisata Bukit Pangonan Indah akan dilengkapi dengan fasilitas seperti spot selfi, flying fox, kolam terapi ikan, dan perkebunan durian, cabai, kacang tanah, pare, stroberi, dan lain-lain. Fasilitas-fasilitas penunjangnya antara lain mushola, food court, amfiteater ( panggung ), kolam renang, air terjun buatan, taman edukasi, dan tempat pembuatan gula rempah.

Semoga pembangunan Bukit Pangonan Indah ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesejahteraan masyarakat setempat serta menjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh semua kalangan. Aamiin….

Komentar